Senin, 31 Oktober 2016

Tips Adaptasi Budaya dengan Teman Baru

Budaya? Apasih artinya budaya dan untuk apa adanya kebudayaan? Budaya merupakan suatu cara hidup atau kebiasaan yang dimiliki oleh sebuah kelompok masyarakat dan diwariskan dari generasi ke generasi. Setiap manusia mempunyai kebudayaannya masing-masing, yang telah mereka miliki sejak lahir. Indonesia merupakan Negara yang mempunyai banyak sekali kebudayaan, suku, kekayaan alam dan bahasa yang sangat beragam. Setiap kebudayaan di Indonesia memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing.
Lalu, bagaimana bila budayamu dan teman-temanmu berbeda? Bagaimana cara menyesuaikan satu sama lain? Apakah kalian harus beradaptasi dengan lingkungan dan temanmu atau malah tidak memperdulikan perbedayaan budaya yang ada? Berikut ini merupakan beberapa Tips untuk adaptasi budaya dengan teman baru kalian:
1.      Kenali dulu Temanmu
Hal yang paling pertama yang harus kamu lakukan saat kamu memiliki teman baru adalah berkenalan atau mencaritahu tentang teman baru anda, misalnya tempat tinggal atau darimana teman anda berasal. Setelah anda merasa sudah nyaman dan dekat dengan teman anda, mungkin anda bisa bertanya atau mengetahui hal yang lebih jauh mengenai teman anda.
2.      Pelajarilah Budaya Temanmu
Setelah mengenali teman anda, pasti anda akan mengetahui bagaimana teman anda atau mungkin budaya teman anda. Mungkin bagi anda yang baru saja memasuki perkuliahan, pasti anda akan merasa bahwa banyak sekali budaya dan bahasa yang berbeda yang dimiliki anda dan teman-teman anda. Tips yang kedua ini adalah pelajarilah atau ketahuilah budaya teman anda, misalnya, teman anda berasal dari Jawa Tengah yang dikenal dengan kesopanan dan tutur kata yang halus, sedangkan anda berasal dari budaya yang berbeda, ada baiknya anda beradaptasi dengan cara menyesuaikan cara berbicara anda dengan teman anda yaitu dengan menggunakan kata-kata yang santun, akan tetapi tidak merubah budaya anda sendiri. Contohnya, berbicara dengan menggunakan “Aku dan Kamu” bukan dengan “Gue dan Loe”.
3.      Tetaplah Menjadi Diri Sendiri
Walaupun anda telah mengenal banyak budaya dari teman baru kalian, tetapi kalian tidak boleh melupakan budaya kalian sendiri. Mungkin memang seringkali dengan berjalannya waktu kita akan terbawa juga oleh budaya atau kebiasaan teman kita, seperti ketika kita sering berbicara dan mendengarkan teman kita yang mempunyai logat berbicara khas daerahnya, maka terkadang kita juga akan terbawa dan saat berbicara dengan mereka kita akan menggunakan logat khas daerah seperti mereka. Tapi yang harus kita ingat, kita tidak boleh melupakan atau mengganti kebudayaan kita sendiri.
4.      Jangan Pernah Merasa bahwa Budayamu Lebih baik daripada Budaya Orang Lain
Setiap orang pasti bangga terhadap kebudayaannya masing-masing, tapi kebanggaan itu jangan sampai membuat anda menjadi sombong dan menghina budaya milik orang lain. Bila anda merasa budaya anda lebih baik dari budaya orang lain, maka tidak akan bisa beradaptasi dengan budaya baru, hal ini juga yang akan membuat anda menjadi orang yang sombong dan tidak mempunyai teman atau Antisosial. Maka hal ini yang harus kalian hindari.

5.      Hargai Perbedaan yang ada
Seperti yang kita ketahui, bahwa semboyan Negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu jua. Maka kita sebagai bangsa Indonesia harus menghargai segala perbedaan yang ada. Perbedaan bukanlah batasan untuk seseorang agar dapat berhubungan atau berteman dengan orang lain, malah perbedaan adalah hal yang membuat suatu pertemanan menjadi indah.

Nah, sekarang bagaimana setelah anda membaca Tips Adaptasi Budaya dengan Teman Baru ini? Pasti anda sekarang mengetahui pentingnya adaptasi budaya dan mempelajari kebudayaan lain. Dengan melakukan dan mempelajari kebudayaan lain tetapi tidak menghilangkan kebudayaan kita sendiri, maka kita akan membangun persatuan dan persaudaraan antar masyarakat terutama lewat budaya. Mungkin dari segala perbedaan yang ada, anda juga akan menemukan sahabat yang memahami dan menghargaimu dan budayamu.
Semoga dengan mengikuti beberapa Tips ini dapat membantu kalian dalam beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru kalian dan semoga beberapa Tips ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar